29 October 2014

Khasiat Cincau Hijau

                                                lintas-me.com
Di cuaca panas siang hari, terasa menyegarkan jika ditemani semangkuk Cincau Hijau, uhm... Cukup dengan Rp.2000 lumayan bikin kenyang dan menyegarkan.Ternyata, Cincau Hijau dengan nama latin Cylea barbata Myers sudah sejak lama menjadi minuman penyegar dibanyak negara di Asia, seperti Cina, Hongkong, Taiwan, Vietnam dan Indonesia ini memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dalam Cincau Hijau ternyata mengandung Vitamin A dan B, kaya akan serat, Karbohidrat, Akaloid Siklein, Kardioplegikum, Tentradine, Dimetil Tetradine, Saponin, Polifenol, Flavonoida, Kalsium, Fosfor. Berikut ini beberapa Khasiat Cincau Hijau yang berhasil Tia rangkum dari berbagai sumber.
  • Klorofil pada ekstrak Cincau Hijau adalah Anti-Inflamasi dan Anti-Oksidan alami yang  menurut Penelitian tim Teknologi Pangan dan Gizi IPB dan Anatomi Patologi Fak. Kedokteran UI mampu mematikan sel-sel kanker.
  •  Bentuk Cincau Hijau yang berupa Gel lembut sangat kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk pencernaan dan melancarkan metabolisme tubuh kita. Khasiat Cincau Hijau juga sangat baik untuk program Diet rendah Kalori dan penderita Obesitas.
  • Mampu meredakan panas dalam dan menurunkan kadar Kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi atau Hipertensi adalah juga Khasiat Cincau Hijau. Selain ini, Cincau Hijau juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita Vergito, dapat menurunkan Demam, Sariawan, Disentri, Typhus, Sembelit, Perut Kembung, Mual dan penyakit akibat ganguan pencernaan lain nya.
  • Ekstrak daun Cincau Hijau juga mengandung zat anti- protozoa ,Tetrandine yang  berkhasiat mengobati penyakit Malaria
 
                                       kompasiana.com
Cara membuat Minuman segar Cincau Hijau ini pun relatif mudah, cukup cuci bersih daun cincau,rendam sejenak untuk membersihkan dari kotoran yang masih melekat, bilas dan tiriskan.Remas-remas daun Cincau Hijau hingga lumat, tambahkan air secukupnya. Klorofil daun Cincau akan terbawa dalam air dan menimbulkan warna hijau pada gel hasik remasan tadi. Saring dan biarkan gel cincau hingga mengental dengan sendirinnya. Selanjutnya Cincau Hijau yang berkhasiat siap dihidangkan dengan ditambahkan sirup, santan ataupun es batu menurut selera.






cyntia,sharing tips Cyntia Bookmark and Share

6 comments:

Bagus Hermawan said...

saya baru tau kalau ada cincau hijau,, kalau di daerah saya warnanya hitam :)
terima kasih informasinya :)

Cyntia said...

@kk Bagus, Cincau Hitam juga hampir sama khasiat nya dengan cincau Hijau. Hnya saja bahan dan cara pengolahan na saja yg brdeda.. Makasih dah mampir ^^,

vig power capsule said...

Terima kasih tas informasinya bagau dan bermanfaat sekali

Manfaat cincau hitam said...

Selain cincau hijau. Ada juga jenis cincau lainnya yaitu cincau hitam dan perdu yg tidak kalah berkhasiatnya dari cincau hijau

majutoto said...

semoga sukses terus gan buat usahanya

Yulizar said...

salam kenal mbak...

maaf mau tanya webnya masih di urus mbak? saya lihat tidak ada update lagi..

Post a Comment

Makasih dah baca Postingan Tia, silakan tinggalkan pesan setelah nada BiP

 
Copyright 2010 Sharing Tips | Blogger Tips. Powered by Blogger Layout by Deluxe Templates